DIBUKU Kabar Video DIBUKU

DIBUKU : Sapi, Babi, Perang dan Tukang Sihir oleh Achmad Hidir

Pada 3 Agustus 2019, Senarai menggelar DIBUKU ‘Sapi, Babi, perang dan Tukang Sihir’. Menghadirkan Achmad Hidir sebagai pembedah.

Buku Sapi, Babi, Perang dan Tukang Sihir adalah penjelasan tentang strategi adaptasi manusia terhadap alam. Disamping persepi umat Hindu di India yang menganggap sapi itu suci,  Marvin Harris justru menjawab dari sisi ekonomis.

Sapi di India sebagai salah satu faktor nilai produksi, selain alat pembajak sawah juga sebagai sumber nutrisi bagi manusia karena susunya. Sebab itu, memotong sapi justru akan memusnahkan sumber kehidupan bagi umat Hindu di sana. Lagi pula, memberi makan sapi tidaklah sulit karena sumber pakannya mudah didapatkan.

Lain hal dengan babi bagi umat Yahudi dan Islam. Hewan ini tidak dapat beradaptasi dengan baik diwilayah yang panas dan bergurun. Sumber pakannya akan sangat sulit didapatkan dengan tipe wilayah seperti itu.

Penjelasan lain yang digunakan Hidir sebagaimana Marvin Harris dalam buku tersebut, babi adalah tipe hewan yang rakus dan jorok sehingga kemungkinan sumber penyakit dalam dirinya sangat tidak baik untuk dikonsumsi manusia. Lagi pula, kata Hidir, memelihara babi akan menyita banyak waktu.

Simak Video DIBUKU disini:

Part 1

https://www.youtube.com/watch?v=Q5BSIiEiO08

Part 2

Part 3

About the author

Nurul Fitria

Menyukai dunia jurnalistik sejak menginjak bangku Sekolah Menengah Atas. Mulai serius mendalami ilmu jurnalistik setelah bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Bahana Mahasiswa Universitas Riau pada 2011. Sedang belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang tulis menulis, riset dan analisis, fotografi, videografi dan desain grafis. Tertarik dengan persoalan budaya, lingkungan, pendidikan, korupsi dan tentunya jurnalistik.

Add Comment

Click here to post a comment

Video Sidang

PN Siak Sri Indrapura, Senin 12 Maret 2018- Majelis Hakim membuka sidang perkara Pidana Kebakaran Hutan dan Lahan dengan terdakwa PT Triomas Forestry Development Indonesia (TFDI) diwakili Supendi selaku Direktur, dalam persidangan yang beragendakan pembuktian ini, Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 2 orang saksi yaitu karyawan PT Triomas Forestry Development Indonesia (TFDI). Adnan Muslim dan Idris.