M Ali Honopiah Tindak Pidana Pencucian Uang

Tunda Lagi Tuntutan Ali

Video

PN Pekanbaru, Selasa 9 Oktober 2018—Jaksa Hamiko duduk santai di ruangan tempat biasa wartawan pengadilan ngumpul. Sambil merokok dia sibuk berbicara dengan orang dari balik telepon selulernya. Kadang dia tak sendirian dalam ruangan yang penuh bau asap rokok dan tanpa pendingin itu. Teman-temannya seprofesi kadang sekedar meninjau dari luar dan bertegur sapa. Kebetulan, ruang tunggu jaksa hanya selangkah dari situ.

Sudah jadi rutinitas, mulai Senin hingga Kamis, para jaksa selalu datang ke Pengadilan Negeri Pekanbaru untuk mengikuti sidang tiap perkara yang ditangani. Tak terkecuali bagi Hamiko. Hari itu ia semestinya membaca tuntutan terhadap terdakwa M Ali Honopiah, yang didakwa melanggar UU pencucian uang hasil jual trenggiling ke Mr Lim seorang warga Malaysia.

Namun dari sejumlah berkas yang ia bawa siang itu, tak tampak dokumen tuntutan yang semestinya dibacakan di muka persidangan. Rupanya, Hamiko sudah merencanakan penundaan sidang lagi untuk yang kedua kalinya setelah satu minggu lalu juga ditunda. Hamiko minta langsung ditunda dan tak perlu ada pembukaan sidang terlebih dahulu, meski Ali dan penasihat hukumnya sudah menunggu sedari pagi.

“Tadi penasihat hukumya sudah setuju, nanti langsung kasih tahu majelis nya saja,” kata Hamiko.

Hamiko beralasan, belum menerima rencana tuntutan dari atasannya. Katanya, hanya menunggu keputusan besaran tuntutan yang akan diberikan pada Ali. Ternyata itu sudah melewatkan waktu selama 14 hari. Apakah Selasa 16 Oktober nanti Hamiko sudah siap dengan tuntutannya? Ikuti terus hasil pantauan sidang Senarai.#Suryadi

About the author

Nurul Fitria

Menyukai dunia jurnalistik sejak menginjak bangku Sekolah Menengah Atas. Mulai serius mendalami ilmu jurnalistik setelah bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Bahana Mahasiswa Universitas Riau pada 2011. Sedang belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang tulis menulis, riset dan analisis, fotografi, videografi dan desain grafis. Tertarik dengan persoalan budaya, lingkungan, pendidikan, korupsi dan tentunya jurnalistik.

Add Comment

Click here to post a comment

Video Sidang

PN Siak Sri Indrapura, Senin 12 Maret 2018- Majelis Hakim membuka sidang perkara Pidana Kebakaran Hutan dan Lahan dengan terdakwa PT Triomas Forestry Development Indonesia (TFDI) diwakili Supendi selaku Direktur, dalam persidangan yang beragendakan pembuktian ini, Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 2 orang saksi yaitu karyawan PT Triomas Forestry Development Indonesia (TFDI). Adnan Muslim dan Idris.