Korupsi Surya Darmadi

Sidang Surya Darmadi: Soal Saham, Rekening dan Ekspor

Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin 19 Desember 2022—Ketua Majelis Fahzal Hendri bersama dua hakim anggota Susanti Arsi Wibawani dan Sukartono, kembali gelar sidang tindak pidana korupsi dan pencucian uang, terdakwa Surya Darmadi. Agenda masih mendengar keterangan saksi fakta. Penuntut Umum menghadirkan tiga saksi. Satu saksi lainnya, Sianto Wetan, Direktur PT Delimuda Nusantara, menolak beri keterangan karena adik kandung dari Surya Darmadi.

Julia Riady Tan, pemegang saham Darmex Plantation

Meski juga memiliki hubungan saudara kandung dengan Surya Darmadi, Julia, sempat menolak beri keterangan. Karena Surya Darmadi tidak keberatan, dia akhirnya bersedia di sumpah sebagai saksi. Julia memiliki saham di beberapa perusahaan Duta Palma. Namun jumlahnya sangat kecil. Dia hanya menyertakan modal Rp 1.000.000 yang dihitung untuk 1 lembar saham.

Julia tidak mengetahui jalannya perusahaan, aktivitas dan lainnya. Dia tidak pernah mengikuti rapat pemegang saham. Deviden atau keuntungan yang diperolehnya hanya Rp 200.000 per tahun. Diajak bergabung oleh Surya Darmadi hanya sebagai syarat pendirian perusahaan. Kaitan kasus ini, dia juga di cekal oleh Kejaksaan Agung dan sekuritasnya diblokir.

Efrinawati, Branch Manager Bank Mandiri Palma Tower

Efrinawati menjelaskan beberapa perusahaan Duta Palma, termasuk PT Kencana Amal Tani, PT Banyu Bening Utama, PT Seberida Subur, PT Panca Agro Lestari dan PT Palma Satu, menjadi nasabah Bank Mandiri. Tiap perusahaan memiliki lebih dari satu rekening. Pembukaan rekening ini dilakukan di Bank Mandiri Cabang Menara Palma. Gedung Palma Tower dan Menara Palma properti milik Surya Darmadi.

Efrinawati mengamati, masing-masing perusahaan kerap mentransfer uang dari rekening ke rekening yang dimiliki perusahaan-perusahaan tersebut. Katanya, pemindahaan uang itu untuk operasional karena ada penjelasan ‘pembayaran’ tiap kali transfer. Seperti, sepanjang 2018-2022, ada transaksi Rp 3,3 triliun ke rekening PT Bayas Biofuel.

Efrinawati, menduduki posisi saat ini, Januari 2022. Dia tidak melapor ke Pusat Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ihwal transaksi dalam rekening perusahaan-perusahaan Duta Palma. Katanya, tidak ada yang mencurigakan. Belakangan, paska ada kejadian menjerat Surya Darmadi, dia diminta oleh penyidik memblokir seluruh rekening perusahaan tersebut.

Agus Sudarmadi, Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai, Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan

Agus beri keterangan ihwal data ekspor Crude Palm Oil (CPO) 7 perusahaan Surya Darmadi sepanjang 2010-2021. Minyak mentah sawit dikirim ke India, Malaysia, Belanda, Kenya, Italia dan Singapura. Bea cukai hanya memeriksa pembatasan kuota ekspor. Tidak sampai menelusuri sumber bahan baku minyak sampai rantai pasok paling bawah. Termasuk izin-izin yang dimiliki perusahaan dalam usaha perkebunan dan pengolahan. Katanya, tidak ada masalah dengan proses ekspos CPO dari perusahaan Surya Darmadi.

Sebelum menutup sidang, Ketua Majelis fahzal Hendri, membacakan penetapan persetujuan permohonan izin penyitaan dalam penuntutan dari Plh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, terhadap 101 daftar aset Surya Darmadi. Mulai tanah, bangunan, kebun, kendaraan hingga properti. Sebab dalam persidangan terungkap masih terdapat harta kekayaan milik Surya Darmadi maupun yang terafiliasi dengannya.

Sidang ini dilanjutkan kembali, Rabu 21 Desember 2022.#Suryadi

About the author

Jeffri Sianturi

Sejak 2012 bergabung di Bahana Mahasiswa. Menyukai Jurnalistik setelah bertungkus lumus mencari ilmu di lembaga pers mahasiswa ini. Menurutnya, ia telah 'terjebak di jalan yang benar' dan ingin terus berada di jalur sembari belajar menulis memahami isu lingkungan, korupsi, hukum politik, sosial dan ekonomi.
Siap 'makan' semua isu ini, ayo bumikan minum kopi.

Add Comment

Click here to post a comment

Video Sidang

 

Untuk video sidang lainnya, sila kunjungi channel Youtube Senarai dengan mengklik link berikut Senarai Youtube