Korupsi M Ali Honopiah Tindak Pidana Pencucian Uang

Jaksa Belum Menghadirkan Saksi Kunci TPPU Muhammad Ali

Video

PN Pekanbaru, Selasa 07 Agustus 2018—Ketua Majelis Hakim Dahlia Panjaitan membuka persidangan didampingi Hakim Anggota Sulhanuddin dan Yanuar Hanadi. Dahlia Panjaitan bertanya kepada Penuntut Umum Hamiko mengapa saksi kunci belum juga dihadirkan yaitu MR Lim, Jabri dan Haryanto. “Aliran dana mereka yang mengetahui,” jelasnya.  Dan ketiga saksi juga disebut dalam dakwaan.

Persidangan dibuka pukul 14:40, Hamiko hanya menghadirkan satu saksi: Rio Alexander Siahaan (Staff Manager Optik Tunggal, Mall Ska, Pekanbaru). Rio mengaku tak mengenal terdakwa Muhammad Ali.

“Seseorang mau membeli kacamata menggunakan tunai atau kredit?” tanya Dahlia.

“Boleh menggunakan keduanya,” jawab Rio. Ia menambahkan ada pembayaran debit BCA 3.300.000 dengan nota kontan. Tidak ada data lengkap pelanggan jika membeli secara lunas, hanya atas nama Ali.

“Tahu darimana sumber uangnya?” tanya Dahlia lagi.

“Tidak,” jawabnya

Hakim bertanya apakah terdakwa sudah sering melakukan transaksi, namun Rio tidak mengetahui karena untuk mengetahuinya harus dibuka semua data transaksi. Transaksi yang dilakukan Muhammad Ali pada 11 Juni 2017 membeli sebuah sun glasses (kacamata hitam, red). Untuk tipe barangnya ia sudah lupa.

“Berapa batas maximal transaksi?”

“ Tergantung jenis kartunya, ada gold, silver, biasa,” jelasnya.

Jaksa Hamiko menanyakan nomor kartu Ali, namun saksi tidak hapal.

Usai pemeriksaan saksi Rio, hakim meminta Jaksa untuk menghadirkan tiga saksi kunci minggu depan. Persidangan ditutup pukul 14:55.

 

About the author

Ahlul Fadli

Tertarik dunia multimedia sejak 2009 saat bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Bahana Univeristas Riau, selain itu terlibat dalam gerakan sosial, kebudayaan, pendidikan dan industri kreatif.

Add Comment

Click here to post a comment

Video Sidang

PN Siak Sri Indrapura, Senin 12 Maret 2018- Majelis Hakim membuka sidang perkara Pidana Kebakaran Hutan dan Lahan dengan terdakwa PT Triomas Forestry Development Indonesia (TFDI) diwakili Supendi selaku Direktur, dalam persidangan yang beragendakan pembuktian ini, Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 2 orang saksi yaitu karyawan PT Triomas Forestry Development Indonesia (TFDI). Adnan Muslim dan Idris.