Karhutla Karhutla 2019 PT Adei Plantation

PT Adei Batal Dituntut

Sidang ke 17: Tuntutan

PN Pelalawan, Selasa, 13 Oktober 2020—Penasihat Hukum terdakwa PT Adei Plantation and Industry Suherdi, mengirim pesan whatsapp pada Tim Senarai, bahwa sidang perkara Karhutla yang didampinginya akan dimulai, pukul 15. Ketua Majelis Hakim Bambang Setyawan yang berpas-pasan dengan Tim Senarai lainnya juga mengatakan demikian. “Jaksa masih menunggu rencana tuntutan dari Kejaksaan Agung,” katanya.

Beberapa menit kemudian, Suherdi tiba di kantin sebelah pengadilan. Sembari menunggu sidang lainnya, dia memesan minuman dan menghabiskan beberapa batang rokok. Hari itu, Suherdi tak bersama M Sempakata Sitepu, pengacara PT Adei lain yang biasa bersidang bersamanya. “Dia ke Pekanbaru.”

Berjam-jam Suherdi duduk dikantin. Dia juga menghabiskan makan siangnya di sana. Mendekati waktu sidang yang dijanjikan, dia menghubungi Jaksa Ray Leonardo, menanyakan kembali kepastian sidang. Lebih kurang 1 menit, Suherdi menutup obrolan itu dan berkata, “kayaknya ditunda.”

Tak berapa lama, setelah menyelesaikan ongkos jajannya di kantin, Suherdi bergegas mengambil toga. Ray lebih dulu tiba di pengadilan, sebelum Suherdi menghampirinya. Mereka ngobrol ringan dan sekali-kali tertawa.

Mendekati pukul 16, keduanya masuk ke ruang sidang cakra. Direktur PT Adei Goh Keng Ee mengambil tempat di sebelah Suherdi. Seorang petugas memerintahkan semua yang di dalam ruangan berdiri. Aba-aba, bahwa hakim akan masuk. Sejurus kemudian, Hakim Bambang Setyawan, Joko Ciptanto dan Rahmat Hidayat Batubara menuju meja hijau dan menempati kursinya masing-masing.

Bambang Setyawan mengetuk palu tiga kali. Dia menanyakan kesiapan Ray untuk membacakan tuntutan. Ray minta waktu satu minggu lagi, karena Tim Kejaksaan Agung masih mematangkan materi tuntutan. Bambang Setyawan berharap tak ada penundaan lagi Selasa depan. Hal yang sama juga disampaikan pada Suherdi ketika giliran menyampaikan pembelaan.

Sebelum menutup sidang, Bambang Setyawan minta, minggu depan para pihak hadir dan sidang dimulai lebih pagi. “Tim Senarai saja datang pagi,” sindirnya dengan tersenyum.#Suryadi

About the author

Nurul Fitria

Menyukai dunia jurnalistik sejak menginjak bangku Sekolah Menengah Atas. Mulai serius mendalami ilmu jurnalistik setelah bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Bahana Mahasiswa Universitas Riau pada 2011. Sedang belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang tulis menulis, riset dan analisis, fotografi, videografi dan desain grafis. Tertarik dengan persoalan budaya, lingkungan, pendidikan, korupsi dan tentunya jurnalistik.

Add Comment

Click here to post a comment

Video Sidang

 

https://youtu.be/MlZPs9wAikA

Untuk video sidang lainnya, sila kunjungi channel Youtube Senarai dengan mengklik link berikut Senarai Youtube