Pantau Walhi Riau vs Walikota Pekanbaru

Darma: Siapa yang Pernah Dengar Pengelolaan Sampah di Pekanbaru?

PN Pekanbaru, 6 Juni 2022—Sidang gugatan warga negara atas buruknya pengelolaan sampah di Pekanbaru masih mendengar keterangan saksi. Kuasa Hukum Penggugat hadirkan Surya Darma Ketua Spot Mancing Riau.

Ia bercerita pengelolaan sampah makin buruk sejak 2017. Jalan protokol mulai sering tampak timbulan sampah yang  berhari-hari. Bau tak sedap dan pandangan sampah berserakan jadi hal rutin.

Darma yang tingggal di Jalan Irkab Kelurahan Sidomulyo Timur selalu melihat timbulan sampah kali berangkat kerja. Sejauh perjalanan dari rumah menuju tempat kerja di Jalan Tanjung Datuk dan Rimbo Panjang. Sampah menumpuk tampak jelas mulai Jalan Paus, Arifin Ahmad, Paus, Rambutan hingga Bundaran Jalan Riau Ujung dan Simpang Tobek Godang.

Tambah parah ketika akhir 2020 hingga pasca libur tahun baru. Sudut pemukiman dan jalan protokol yang biasanya tidak ada tumpukan sampah, ini  ada. Sampah dan berserakan sebab tidak ada penganggkutan.

Ketika itu Darma sempat dampingin Anggota DPRD Pekanbaru yang Inspeksi Mendadak di tumpukan sampah wilayah rukun warganya. Janji anggota dewan itu, akan minta dinas terkait segera bersihkan sampah. Pasca kunjungan sampah tambah banyak.

Di komplek pemukiman Darma. Ia serta warga yang lain, aktifkan kegiatan pemuda untuk angkut sampah sejak 2015. Penyebabnya petugas sampah dari pemerintah jarang masuk, kalaupun ada hanya datang 4 hari sekali serta tidak bersih. Alhasil sampah sudah menumpak dan berbau. Kini para pemuda kerja angkut sampah 2 hari sekali.

Di komunitas para pemancing, ia selalu menerima keluhan terkait sampah yang tambah banyak masuk Sungai Siak. Ada yang terapung dan tenggelam, jadilah sekarang air-nya kini tidak layak konsumsi. Dan banyak jenis ikan yang jarang terlihat lagi.

Selama Darma aktif di komunitas para pemancing , mereka pernah buat kegiatan bersih sampah Sungai Sail dihari Sampah Sedunia dengan melibatkan  pemerintah. Tapi nihil sosialisasi pengelolaan sampah yang baik. Apalagi terkait dengan adanya 257 bank sampah online di Pekanbaru.

“Siapa yang pernah dengar?” tutup Darma.

Sidang selanjutnya masih mendengarkan keterangan saksi dari Penggugat, Senin 13 Juni 2022.#Jeffri

About the author

Jeffri Sianturi

Sejak 2012 bergabung di Bahana Mahasiswa. Menyukai Jurnalistik setelah bertungkus lumus mencari ilmu di lembaga pers mahasiswa ini. Menurutnya, ia telah 'terjebak di jalan yang benar' dan ingin terus berada di jalur sembari belajar menulis memahami isu lingkungan, korupsi, hukum politik, sosial dan ekonomi.
Siap 'makan' semua isu ini, ayo bumikan minum kopi.

Add Comment

Click here to post a comment

Video Sidang

 

Untuk video sidang lainnya, sila kunjungi channel Youtube Senarai dengan mengklik link berikut Senarai Youtube